fbpx

Kenali Jenis-Jenis Offroad di Indonesia

by BRP Indonesia
3822 views
Offroad Adventure di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk offroad dan telah melakukan pencarian online, kemungkinan Anda memiliki pandangan yang bagus tentang seperti apa off-road yang ekstrem. Beberapa di antaranya melibatkan medan batu-batu raksasa atau melewati lubang lumpur yang dalam dan menghisap; Dilain sisi sebenarnya ada lebih banyak jenis offroad di Indonesia dibandingkan yang ekstrim. Beberapa contoh jenis off-road meliputi: dune bashing (bentuk off-road di bukit pasir), offroad racing (dessert racing & rock racing), cross-country (antar negara/provinsi), green laning, raid, mudding offroad, rock crawling & hill climbing, competitive trials dan lainnya.

Sebelum Anda mulai memodifikasi perjalanan Anda dengan roda dan ban, mengangkat suspensi Anda, atau menambahkan bumper truk baja, Anda mungkin ingin melihat semua jenis off-road yang dapat Anda coba. Masing-masing membawa sensasi berbeda, membutuhkan keterampilan yang berbeda, dan berarti berinvestasi dalam modifikasi yang berbeda. Berikut beberapa jenis-jenis offroad di indonesia paling digemari banyak kalangan.

Green Lane Offroad

Jenis off road green laning mungkin yang paling ringan dari semua aktivitas yang melibatkan off-roader. Umumnya cocok untuk kendaraan roda empat, bahkan tanpa modifikasi atau peralatan tambahan. Istilah green laning / jalur hijau mengacu pada kenyataan bahwa rute-rute tersebut sebagian besar berada di sepanjang jalur yang tidak terhalang, jalur hutan, atau jalan raya tua yang mungkin sudah tidak digunakan lagi. Ini dapat dilakukan dengan hampir semua mobil off road 4×4 dan untuk siapa saja yang ingin memudahkan jalan mereka ke olahraga ini atau tidak perlu ingin melakukan modifikasi pada mobil offroad mereka.

Cross Country | Adventure Offroad

Jenis offroad cross country / lintas negara serupa dengan green laning tetapi mungkin termasuk terdapat hambatan seperti jalur yang tidak rata. Off-road lintas negara biasanya melibatkan pergi ke taman off-road dalam kelompok selama satu atau dua hari dan mencoba berbagai hambatan seperti bukit, jalan berbatu, gurun, air, dan lumpur. Digolongkan juga sebagai adventure offroad karena berlangsung beberapa hari di rute dengan keragaman medan dan kegiatan yang biasanya dibarengi dengan camping, BBQ, bakti sosial, dan lainnya.

Untuk beberapa kondisi terutama jika Anda maju ke jalur offroad cross country yang lebih agresif, Anda perlu memikirkan beberapa hal seperti ban, roda, bumper, dan derek untuk membuat perjalanan semulus mungkin. Jenis offroad ini pada dasarnya lebih kearah wisata rekreasi, wisata ataupun murni hobi.

Rock Crawling | Hill Climbing

Bagi mereka yang mencari tantangan lebih dari apa yang mungkin mereka hadapi dengan mengemudi lintas negara di taman off-road rata-rata, jenis off road rock crawling adalah yang berikutnya dalam daftar, diikuti oleh hill climbing. Kedua jenis jalur dan hambatan ditemukan di seluruh negeri pada berbagai tingkat pengalaman. Jenis offroad Hill Climbing melibatkan petualangan untuk menaiki tanjakan off-roader Anda ke atas dan ke bawah curam yang membutuhkan perencanaan cermat untuk melewatinya tanpa tergelincir atau berguling serta turun tanpa digantung di bagian atas. Untuk jenis off-road rock crawling melibatkan negosiasi jalur agresif yang diisi dengan bebatuan besar. Medan batu ekstrem mungkin merupakan aktivitas paling menonjol yang dipikirkan orang ketika seseorang menyebutkan off-road; Namun, itu pasti bukan untuk pemula. Anda harus bekerja keras hingga sampai diatas atau turun dibawah, dibalik itu dibutuhkan keterampilan dan model kendaraan yang tepat, termasuk bumper tugas berat, suspensi, dan derek.

Di banyak negara termasuk Indonesia, jenis offroad Rock Crawling juga sering dijadikan kompetisi Offroad yang cukup unik dimana bukan kecepatan waktu yang jadi penilaian utama, melainkan yang paling sedikit terkena pinalti poin. Beberapa contoh pinalti point tersebut diantaranya menabrak bendera pada lintasan, atau terlalu lama diam ditempat. Kendaraan yang digunakan untuk jenis off road rock crawling biasanya dimodifikasi dengan ban yang berbeda, komponen suspensi yang memungkinkan artikulasi gandar yang lebih besar, dan perubahan rasio gigi diferensial sehingga mendapatkan karakteristik yang cocok untuk operasi kecepatan rendah dalam melintasi rintangan. Pada umumnya, bagi rock crawler (sebutan pengemudi offroad jenis ini) akan memiliki ‘pengintai’, yang merupakan asisten dengan berjalan kaki diluar kendaraan untuk memberikan informasi kepada pengemudi tentang area yang tidak terlihat oleh pengemudi.

Mudding Offroad | Water Fording

Mengemudi melalui lumpur, sensasi yang tak akan pernah dilupakan oleh setiap pengemudi offroad. Jenis offroad ini dikenal juga dengan sebutan mud racing, mud running, mud drags dan mudding. Selain kesenangan menjadi kotor dan membuat cipratan besar, itu memberikan tantangan untuk bisa benar-benar melewati lumpur tanpa terjebak. Semudah ini terdengar, ada berbagai jenis off road lumpur, dari lumpur longgar dan berair sampai lumpur tebal, lengket atau bahkan pasir basah. Menegosiasikan masing-masing medan rintangan lumpur ini membutuhkan peralatan dan keterampilan yang berbeda.

Hal yang sama berlaku untuk jenis offroad water fording yang biasanya medan yang dilalui adalah sungai dangkal. Tantangan pada offroad lumpur dan air ini adalah seberapa jauh Anda bisa pergi tanpa menenggelamkan mesin offroad Anda atau bahkan membuatnya nyangkut dan mati. Jenis offroad Mud Bogger / Mudding banyak dijadikan kompetisi dimana pengemudi dituntut untuk memiliki waktu tercepat pada lintasan kolam lumpur.

Dessert Racing | Dune Bashing

Jenis off road Dessert Racing dan Dune Bashing adalah bentuk off-road di bukit pasir atau daerah gurun dan gersang. Offroad jenis ini diperuntunkan untuk Anda yang malas berurusan dengan lumpur atau hal basah lainnya. Kegiatan pada off road ini adalah berhasil naik turun berbagai bukit pasir tanpa terjebak ataupun berguling. Desert offroading mirip dengan green laning dan lintas negara, hanya saja dilakukan di gurun dan biasanya dilakukan dengan kecepatan tinggi. Anda akan menemukan bukit, batu, dan bukit pasir serta mendapatkan angin kencang saat Anda mempercepat mereka. Ada banyak tempat dessert adventure di Indonesia, salah satunya adalah di Brown Canyon Semarang.

Terdapat banyak jenis jalan dan hambatan yang bisa Anda coba dengan mobil offroad Anda selama Anda dapat mengembangkan keterampilan dan memiliki peralatan yang tepat. Dari ringan ke ekstrim, off road adalah tantangan dan bahkan ada kompetisi untuk berpartisipasi jika Anda cukup baik. Dan sebenarnya masih ada jenis-jenis offroad di indonesia lainnya yang bisa Anda jajaki seperti offroad untuk kegiatan sosial (bantuan bencana alam), off road ekspedisi (eksplorasi ke daerah terpencil untuk kunjungan pengetahuan, budaya dan sejarah), proyek (pencarian lahan perkebunan & tambang) dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya ragam kegiatan dengan penggunaan mobil 4×4 semakin kompleks jenis-jenis offroad di indonesia yang terbentuk saat ini. Bukan saja sebagai sebuah kegiatan biasa, off-road sudah menjadi sesuatu yang dapat berpengaruh terhadap banyak aspek kehidupan di masyarakat.

Jadi sebelum Anda membuka dompet dan mulai mengeluarkan uang untuk suku cadang mobil offroad Anda, pilih jenis offroad yang paling sesuai dengan Anda dan fokuslah pada itu. Anda akan lebih menikmatinya, membelanjakan uang dengan bijak, dan tetap lebih aman dengan memiliki peralatan yang tepat untuk jenis off road yang Anda pilih!

0 comment

You may also like

Leave a Comment