fbpx

Permainan Jet Ski, Hobi Baru di Indonesia

by BRP Indonesia
10977 views
Komunitas Jet Ski Indonesia

Bagi siapapun mereka yang gemar olahraga terutama yang suka renang maupun aktifitas lain yang berhubungan dengan air seperti mancing, berlayar, snorkeling hingga diving pasti mengenal permainan jet ski ini. Di Indonesia memang permainan jet ski masih dini dan belum dikenal oleh masyarakat luas, hal ini dikarenakan kurangnya penyedia layanan bermain jet ski yang ada di pantai-pantai atau danau. Sebelum membahas mengenai hobby ini, apa Anda sudah mengenal sejarah dari kata jetski sendiri? Kata “Jet Ski” awal mulanya adalah nama merek dari personal watercraft yang di produksi oleh brand Kawasaki. Namun istilah ini berkembang secara umum dimana merujuk ke semua jenis perahu air (personal watercraft) yang dipergunakan untuk sarana rekreasi, dan sebagai kata kerja dalam menggambarkan istilah segala jenis personal watercraft / water scooter / boatercycle.

Jet Ski merujuk pada recreational watercraft yang diproduksi oleh Kawasaki, WaveRunner merujuk pada kendaraan air pribadi yang diproduksi oleh Yamaha atau Sea-Doo merujuk pada kendaraan air pribadi yang diproduksi oleh Bombardier. Adapun mereka jet ski lainnya seperti Honda dengan produknya bernama AquaTrax, Polaris dengan Sealion watercraft dan Arctic Cat dengan produknya Tigershark. Permainan Jet Ski dikenal dan disukai karena kendaraan ini cepat, mudha dikontrol, terjangkau, dan sistem propulsi mereka tidak memiliki baling-baling eksternal sehingga membuatnya lebih aman bagi para perenang maupun biota yang ada di laut lepas. Ada beberapa kategori dalam permainan jet ski mulai untuk rekreasi, touring, olahraga selancar (wake board, water ski, knee board) hingga untuk perlombaan dan freesyling, untuk detailnya akan kita bahas dibawah.

1. Berkendara Santai Dengan Keluarga

Harga Seadoo GTI 90 Indonesia

Salah satu tipe permainan jet ski yang paling dominan adalah mengelilingi lautan maupun danau dengan bebas tanpa harus memikirkan apapun selain kesenangan. Seperti model jet ski Sea-Doo GTI 90 yang memang dirancang untuk keperluan rekreasi santai bersama keluarga seperti mengajak anak Anda untuk berkeliling menyaksikan indahnya lautan sekitar. Model permainan jet ski santai ini sudah banyak disediakan di beberapa kawasan wisata di Indonesia terutama di Pantai Mutiara Jakarta dan Tanjung Benoa Bali yang memiliki air laut tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar.

2. Touring Bersama Komunitas Jet Ski

Komunitas Jet Ski di Indonesia

Sudah seru bermain jet ski di lautan sambil ada yang menemani dan se-hobby dengan Kita? Yap, salah satu aktivitas lain dalam permainan jet ski adalah melakukan touring dari pulau ke pulau. Komunitas jet ski di Indonesia mulai berkembang dengan sendirinya mengingat Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Salah satu komunitas jet ski terkenal adalah Sea-Doo Club Indonesia yang sudah 2 tahun lebih aktif mengarungi perairan di berbagai provinsi. Tertarik untuk bergabung dan melakukan touring bersama seru-seruan di atas laut? Untuk lengkapnya bisa follow instagram @seadooindonesia

3. Berkeliling Sambil Wakeboarding

Permainan Jet Ski di Jakarta

Banyak cara untuk menikmati waktu ketika bermain jetski, salah satunya adalah bermain wakeboarding dengan menggunakan model watercraft khusus produk Sea-Doo Wake yang dilengkapi fitur eksklusif iControl sehingga memungkinkan pengendara untuk memilih akselerasi dan profil kecepatan yang telah diprogram untuk peluncuran ski dan wakeboard yang dikendalikan secara tepat. Pengalaman olahraga derek terbaik akan mudah dirasakan bersama teman Anda.

4. Beradu Skill Personal Watercraft (PWC) di Ajang Kompetisi

Harga watercraft di Jakarta Indonesia

Kecepatan menjadi aspek yang tidak pernah ditinggal oleh para penikmatnya. Baik di kendaraan roda dua, roda empat termasuk juga kendaraan mtoro di air seperti personal watercraft / jetski. Yang menggeluti aktivitas permainan jetski model kompetisi ini seperti contohnya atlit professional yang memang telah dilatih seperti Aero Sutan Aswar, Aqsa Sutan Aswar, dan Muhammad Farizi yang menjadi perwakilan Indonesia di ajang Asean Games.

5. Sensasi Mancing di Atas Jet Ski

Mancing Mania Mantap FishPro Sea-Doo Indonesia

Tidak sedikit orang yang memiliki hobby mancing terutama di lautan lepas, dan tidak sedikit juga orang yang suka berlayar menemukan spot baru untuk mencari gem tempat ikan-ikan berada. Yah! Bagi Anda para pemancing juga dapat merasakan serunya mendapatkan strike dari atas jetski yang memang dikhususkan bagi para penghobi mancing yakni produk Fish Pro. Jet Ski yang memang dirancang untuk kegiatan fishing adalah kombinasi dari kegembiraan, fleksibilitas, gairah menjadi satu paket lengkap. Jelajahi semua lokasi memancing, lebih dekat dengan incaran ikan, dan alami pengalaman memancing yang belum pernah ada sebelumnya.

Aturan Bermain Jet Ski

Sebagai nakhoda dari personal watercraft, Anda harus memastikan bahwa menjaga pengawasan yang benar terutama di jalur air yang sibuk mungkin ada banyak kendala. Semakin banyaknya aktivitas yang ada di perairan tersebut, semakin perlu untuk melambatkan laju jet ski Anda.

Anda harus mengurangi kecepatan hingga tidak lebih dari 6 knot jika Anda berada dalam jarak 60m dari :

  • Orang di dalam air
  • Kapal, perahu, dermaga atau ponton yang berlabuh
  • Tepi pantai

Anda harus menjaga jarak 30m dari kapal bergerak yang ada di sekitar atau mengurangi kecepatan menjadi kurang dari 10 knot kecuali jika Anda terlibat dalam event khusus jet ski yang disetujui. Perlu di ingat bahwa jika ini dilakukan maka dapat membahayakan Anda atau orang lain. Dalam permainan jetski, tentu sangat menyenangkan untuk melibatkan seluruh keluarga dalam petualangan seru di atas air terutama ketika mengajak anak-anak ikut bermain disini. Ada beberapa peraturan dalam permainan jet ski dengan anak-anak, diantaranya :

  • Anak-anak tetap harus duduk di belakang Anda saat mengoprasikan personal watercraft, jangan pernah memposisikan anak di antara Anda dan handle bar.
  • Anak-anak yang diperbolehkan naik adalah mereka yang dapat menempatkan kedua kaki pada saat yang sama dengan kuat di alas jet ski
  • Mengemudikan jet ski dengan jumlah orang yang sesuai dengan kapasitas. Tidak lagi dianggap aman untuk menghitung anak di bawah usia 12 tahun sebagai setengah orang. Tiga kursi berarti 3 orang – berapa pun itu usianya.

Apa Anda tertarik untuk mencoba permainan jetski yang dapat mengcover berbagai kegiatan di atas perairan? Yang pasti di mana pun Anda berada, cara Anda mengoperasikan PWC Anda juga dapat memengaruhi orang-orang di sekitarnya. Ingat kewajiban keselamatan umum Anda, Anda adalah Kapten, Anda Bertanggung Jawab.

0 comment

You may also like

Leave a Comment