Panduan Lingkungan untuk Operator Personal Watercraft


©Personal Watercraft Industry Association

Semua operator dan pelaut PWC berpartisipasi dalam ekosistem, suatu sistem yang diciptakan oleh interaksi komunitas organisme dengan lingkungannya. Kita tidak terpisah dari alam, tetapi bagian darinya. Sebagai pelaut, kita tidak bisa mengabaikan efek yang kita miliki terhadap lingkungan. Perairan yang kita nikmati mungkin terpengaruh oleh tindakan kita. Setiap pelaut memiliki tanggung jawab untuk mempelajari dan menggunakan praktik berperahu ramah lingkungan yang akan melindungi perairan untuk masa depan.

Sebagai pengendara PWC/Jetski, Anda dianggap sebagai pendayung. Personal Watercrat (PWC) / Jet Ski didefinisikan sebagai salah satu kendaraan air dan diwajibkan untuk mengikuti semua peraturan berperahu.

Personal Watercraft Industry Association (PWIA) mendorong Anda untuk menerapkan panduan sederhana berikut ini untuk melestarikan sumber daya alam kita.

Waspadalah dan tunjukkan kepedulian Anda dengan mengikuti aturan umum ini.

 

Polusi


Isi bahan bakar di darat untuk mengurangi kemungkinan tumpahan minyak atau gas ke dalam air.

Isi tangki Jetski / Personal Watercraft (PWC) dengan hati-hati. Jangan mengisi tangki secara berlebihan. Jika tumpahan terjadi, tangkap tumpahan yang tidak disengaja dengan bantalan penyerap. Buang bantalan penyerap dengan benar.

Periksa dan bersihkan mesin Anda jauh dari garis pantai. Air dan bahan bakar tidak bercampur dan dapat membahayakan mikro-organisme air yang halus serta hewan yang memakannya, yang berpotensi mengganggu seluruh rantai makanan.

 

Kekeruhan


Di perairan dangkal, Personal Watercraft (PWC) / Jet Ski dapat mengaduk dasar dan sedimen tersuspensi, yang membatasi penetrasi cahaya dan menguras oksigen. Hal ini dapat mempengaruhi makan ikan dan burung. Untuk menghindari efek ini, berkendara di saluran utama dan batasi berkendara di perairan dangkal.

Bila perlu untuk mengendarai di perairan dangkal, jaga agar Personal Watercraft (PWC) tetap pada kecepatan idle. Di daerah pesisir waspadai air surut; perairan mungkin jauh lebih dangkal pada saat-saat ini, memperlihatkan hamparan rumput laut dan tumbuhan halus lainnya.

 

Vegetasi (Tumbuh-Tumbuhan)


Vegetasi seperti rumput laut adalah tempat pembibitan yang halus di mana banyak ikan di perairan kita berasal.

Gulma, rerumputan, dan tumbuhan lain tidak baik untuk Jet Ski / Personal Watercraft (PWC) Anda. Menelan ini ke dalam PWC Anda dapat menyebabkan masalah mesin atau pompa dan mengurangi kinerja. Menjauh!

Bila memungkinkan, operasikan jarak yang cukup jauh dari pantai karena satwa liar cenderung menghuni vegetasi di sepanjang tepi pantai. Cara terbaik untuk menghindari gangguan ekosistem lokal adalah dengan tetap berada di perairan yang ditandai dan area danau atau sungai yang lebih dalam jika memungkinkan.

 

Kebisingan


Ketahuilah bahwa kebisingan dan pergerakan semua Personal Watercraft (PWC) dapat mengganggu populasi burung. Jauhi area bersarang burung yang dipasang.

Banyak burung yang bermigrasi mudah stres dan sangat rentan selama periode migrasi mereka. Burung biasanya akan terbang menjauh dari kebisingan yang mengganggu dan pengeluaran energi yang tidak perlu dapat membahayakan burung yang sedang makan atau beristirahat.

Penangkaran burung sangat rentan terhadap kebisingan dari perahu. Burung yang bersarang dapat terbang dari sarangnya, memperlihatkan telur yang tidak terlindungi dan menetas dari panas matahari atau pemangsa.

 

Gangguan


Jangan mengejar satwa liar atau mengganggu makan, bersarang, atau beristirahat satwa liar – itu ilegal dan dapat membuat satwa liar stres. Menggangu didefinisikan sebagai setiap tindakan yang dapat menyebabkan hewan menyimpang dari perilaku normalnya.

Mamalia seperti berang-berang laut, singa laut, manate, dan paus dapat terluka akibat benturan langsung dengan perahu yang melaju dengan kecepatan tinggi. Berkendara dengan kecepatan terkendali sehingga Anda dapat melihat hewan apa pun di depan Anda. Hindari daerah dengan populasi hewan yang tinggi. Jika Anda tidak sengaja menyerang binatang, laporkan ke komisi satwa liar setempat karena mungkin ada kesempatan untuk menyelamatkan hidupnya.

 

Erosi


Bangun perahu yang berlebihan dapat berkontribusi pada erosi garis pantai, terutama di sungai dan saluran masuk yang sempit.

Erosi merupakan masalah bagi semua garis pantai termasuk sungai, danau dan lautan. Kerusakan garis pantai yang lambat mempengaruhi habitat tumbuhan dan hewan. Saat berada di dekat pantai, hindari kecepatan tinggi saat mereka membangunkan – pastikan untuk mengamati zona larangan bangun!

 

Spesies Eksotis


Cuci Personal Watercraft (PWC) / Jet Ski Anda setelah Anda menggunakannya untuk mencegah penyebaran tanaman eksotis ke danau dan sungai lain. Eksotik adalah tumbuhan dan hewan yang bukan asli daerah tertentu. Eksotik tidak memiliki musuh alami dan menyebar dengan mudah, mengambil alih suatu wilayah dengan mengesampingkan spesies asli, sehingga menurunkan keanekaragaman tumbuhan dan hewan yang penting.

 

Berlabuh / Berpantai


Saat berlabuh atau berlabuh, cari bukti penyu, burung, buaya, manate, dan hewan lain di sepanjang pantai.

Hindari docking atau pantai di mana tanaman seperti gulma, rumput dan bakau berada. Tumbuhan ini sangat penting bagi ekosistem karena mereka mengendalikan erosi dan menyediakan tempat berkembang biak bagi hewan kecil yang penting bagi rantai makanan, seperti krustasea, moluska, dan ikan kecil.

 

Spesies Langka


Banyak spesies tumbuhan dan hewan yang terancam punah karena hilangnya habitat. Undang-undang Spesies Terancam Punah tahun 1973 dibuat untuk melindungi hewan-hewan ini. Adalah ilegal untuk memperdagangkan, membunuh, berburu, mengumpulkan, melecehkan, menyakiti, mengejar, menembak, menjebak, melukai, atau menangkap spesies yang ditetapkan sebagai terancam punah atau dalam bahaya kepunahan, seperti spesies yang terancam punah, langka, dan yang menjadi perhatian.

Waspadai spesies yang terancam punah yang ditemukan di area berperahu Anda di mana tempat yang aman melindungi mereka dari perkembangan manusia, dan mereka diizinkan untuk bertahan hidup dan berkembang.

 

Habitat Khusus


Komunitas Mangrove

Mangrove adalah jenis pohon khas yang telah beradaptasi untuk hidup di atau dekat air asin. Ada empat jenis pohon, dua di antaranya terancam punah. Banyak burung pantai seperti burung pelikan dan burung kicau bersarang di hutan bakau dan pulau-pulau. Mangrove melindungi kehidupan laut lainnya, mengendalikan erosi dan menyaring limpasan. Mereka juga membangun garis pantai dan berfungsi sebagai penyangga yang melindungi tanah dari badai dan angin.

Jangan beroperasi di saluran bakau yang tidak bertanda – hal itu akan mengganggu bakau, burung, dan hewan lain yang berada di area ini.

 

Karang

Karang adalah organisme hidup yang menyediakan tempat berlindung yang aman bagi ratusan makhluk laut. Spesies yang kokoh namun rapuh ini rentan terhadap pengaruh intrusi manusia. Jika Anda berkendara di dekat karang, jangan gunakan jangkar dan berhati-hatilah saat menyelam untuk menghindari kontak dengan organisme halus ini.

 

Kehidupan Tumbuhan Laut


Hutan Kelp

Hutan Kelp adalah ekosistem di laut yang hampir seluruh kawasannya dipenuhi rumput laut atau seaweed. Hutan rumput laut mendukung komunitas bawah laut yang subur yang penuh dengan ikan, invertebrata, bulu babi, dan berang-berang laut. Ditemukan di dekat pantai, kanopi rumput laut menutupi permukaan air dan memanjang ke bawah (terkadang ribuan kaki) ke dasar laut. Di bulan-bulan hangat, rumput laut ini bisa tumbuh sebanyak satu kaki sehari.

 

Rumput laut

Rumput laut adalah tempat pembibitan yang biasanya ditemukan di perairan terlindung yang disebut muara tempat bertemunya air tawar dan air asin. Sebagian besar ikan di dunia berawal di muara dan habitat rumput laut yang terkait. Rumput laut sangat halus dan kehancurannya dapat menyebabkan degradasi seluruh siklus laut.

Sebagai operator kapal yang bertanggung jawab, jauhi kedua area sensitif lingkungan ini.

 

Anda Bisa Membuat Perbedaan


Kita semua memiliki kewajiban kepada generasi berikutnya untuk melindungi sumber daya alam kita yang melimpah. Luangkan waktu sejenak untuk mempelajari masalah lingkungan di area berkendara Anda.

Jika Anda tertarik mengamati satwa liar saat berkendara Jetski / Personal Watercraft (PWC), pertahankan kecepatan idle untuk mengurangi bangun, kebisingan, dan kekeruhan (mengaduk bagian bawah).

Ketahui area berkendara Anda untuk keselamatan lingkungan, untuk perlindungan Anda sendiri dan untuk Sea-Doo Anda.

Logo BRP Indonesia

Can-Am Logo
Sea-Doo Logo
Evinrude Logo
Rotax Logo