fbpx

Bisakah Menyalakan Mesin Jetski / PWC Anda di Darat?

by BRP Indonesia
251 views
Run Sea-Doo out of water

Haruskah Anda menjalankan mesin motor Jetski / Personal Watercraft Anda keluar dari air atau dapatkah jetski dijalankan di Trailer dalam waktu yang lama? Sederhananya, tidak. Jet Ski menggunakan sistem yang sama sekali berbeda untuk mendinginkan mesin. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah saat Anda berkendara di air asin, dan mesin jetski harus dibilas setelah Anda berkendara. Sebaiknya lakukan ini tidak lebih dari 30 detik untuk menghindari panas berlebih. Jika jet ski tidak berada di dalam air atau tersambung dengan selang air, mesin dan knalpot terlalu panas dan alarm pada akhirnya akan berbunyi.

Pada hakikatnya, Jet ski dirancang untuk berjalan di air, bukan di darat – Anda harus selalu berada di dalam air setidaknya tiga kaki saat Anda menghidupkan mesin untuk menghindari kerusakan komponen personal watercraft / jet ski. Ada beberapa hal tepat yang perlu Anda lakukan jika ingin mengeluarkan jetski dari air. Sea-Doo sangat berbeda dari semua merek jetski yang ada di pasaran dalam hal pendinginan mesin. Sea-Doo PWC tidak menggunakan air danau atau laut untuk mendinginkannya, melainkan menggunakan sistem sirkuit tertutup antifreeze seperti halnya mobil Anda. Tetapi ini tidak berarti Anda dapat menjalankan Sea-Doo keluar dari air atau di trailer untuk waktu yang lama. Ini karena sistem pembuangannya tetap membutuhkan air untuk menjaganya tetap dingin dan saat tidak berada di dalam air perlahan akan mulai panas.

Gunakan Flush Kits & Adapters

Jet ski Sea-Doo dilengkapi dengan flush adaptor sehingga Anda dapat menjalankan mesin dengan selang taman. Terdapat flush adapter di bagian belakang Sea-Doo yang memungkinkan Anda mengeluarkan perahu dari air dan mendapatkan air yang diambil dari selang taman. Konsultasikan manual kepemilikan jetski Anda apapun mereknya untuk setiap prosedur menjalankannya di darat. Hydro-locking mesin Anda juga merupakan risiko yang cukup masuk akal dan jika Anda tidak melakukan urutan pembilasan dengan benar, Anda juga dapat menyebabkan beberapa kerusakan yang hanya dapat ditangani di dealer PWC setempat. Jet ski yang terlalu panas adalah risiko yang sangat nyata jika Anda menyalakan jet ski dan mengeringkannya. Bahkan 1 menit berjalan sudah cukup untuk menyebabkan kerusakan yang signifikan dan ini dapat menghabiskan biaya puluhan juta. Biasanya, mesin harus dihidupkan terlebih dahulu sebelum Anda menghidupkan selang air. Kemudian Anda mematikan selang air sebelum mematikan mesin jet ski. Ikuti step-by-step berikut untuk melakukan pekerjaan penting ini:

  • Siapkan selang air Anda
  • Hubungkan selang air ke adaptor flush pada jet ski Sea-Doo, tetapi jangan menyalakannya dulu
  • Nyalakan mesin Sea-Doo Anda
  • Dengan cepat (dalam 3-5 detik) nyalakan selang air
  • Jalankan jetski sebentar (tidak lebih dari 30 detik) untuk membersihkan air asin
  • Matikan selang air Anda
  • Matikan jet ski Anda

Jet Ski Bersuara Keras Di Luar Air!

Jika Anda menyalakan perahu keluar dari air, suaranya bisa keras dan bahkan terdengar seperti pantulan logam melompat-lompat. Ini normal. Bunyi gemeretak yang Anda dengar berasal dari pompa dan karena tidak ada di dalam air, maka tidak mengambang sehingga memantul. Bagian lain dari suara adalah knalpot karena tidak ada di dalam air, dimana air digunakan untuk meredam suara. Jadi tidak perlu kaget saat jetski dinyalakan di trailer, kedengarannya sangat keras dan kering.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menyiram mesin personal watercraft Sea-Doo Anda dengan benar setelah perjalanan air asin, lihat buku manual kepemilikan Sea-Doo Anda.

0 comment

You may also like

Leave a Comment