fbpx

Sea-Doo Class, Wujud Sinergi BRP Indonesia x SMKN 56 Jakarta di Dunia Pendidikan

by BRP Indonesia
1025 views
Sea-Doo Class International

Sebagai bagian dari pengembangan pendidikan di Indonesia, Bombardier Recreational Products (BRP) Indonesia selaku distributor regional kendaraan rekreasi dengan produk Sea-Doo dan Can-Am untuk wilayah Indonesia & Malaysia membangun Sea-Doo Class di SMKN 56 Jakarta. Program kerjasama dengan SMKN 56 Jakarta ini bertujuan mengembangkan lulusan vokasi yang link and match dengan kebutuhan industri melalui pembelajaran khusus Sea-Doo Class sebagai fasilitas belajar di sekolah yang dilanjutkan dengan program praktek kerja lapangan (PKL).

Sea-Doo Class adalah buah kolaborasi antara BRP Indonesia bersama SMKN 56 Jakarta yang berjalan sejak tahun 2021. Dimulai dengan program PKL yang diikuti sekitar 12 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan untuk secara langsung mempraktekkan ilmunya secara teknis di unit personal watercraft (PWC) merek Sea-Doo dan kendaraan off-road maupun on-road merek Can-Am.

“Kerjasama ini merupakan salah satu upaya BRP Indonesia untuk bersinergi dengan dunia pendidikan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan siap terjun di dunia kerja. Dengan adanya program PKL dan Sea-Doo Class, BRP Indonesia berharap untuk bisa memberi manfaat nyata di dunia vokasi dan berperan nyata dalam link and match pengembangan guru dan siswa sehingga sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri.”

Enderi Andreanto – CEO BRP Indonesia

Sebagai kelanjutan dari kerjasama, BRP Indonesia menyumbangkan 2 unit jetski Sea-Doo watercraft yang digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran in-class. Selain pembekalan materi dan praktek untuk guru dan siswa SMK, di tahun ini BRP Indonesia juga tengah mempersiapkan materi pembelajaran khusus tentang pemeliharaan PWC untuk menjadi kurikulum yang akan diajarkan di SMKN 56 Jakarta jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Sea-Doo Class Asia Pacific
Siswa SMKN 56 Jakarta mempraktekkan pemeliharaan Sea-Doo watercraft saat program Praktek Kerja Lapangan (PKL).

“Saya atas nama SMKN 56 Jakarta mengucapkan banyak terima kasih atas program ini, semoga kerjasama dengan BRP Indonesia menjadi pintu untuk pengembangan SDM yang mumpuni di bidang Kendaraan Air di kemudian hari. Kami sangat merasa terhormat karena SMKN 56 Jakarta menjadi SMK pertama yang bekerjasama dengan industri kendaraan rekreasional di bidang air.”

M. Bakrie Akkas – Kepala Sekolah SMKN 56 Jakarta

Peresmian program Sea-Doo Class dilaksanakan tanggal 22 April 2022 yang bertempat di SMKN 56 Jakarta. Dalam acara ini, perwakilan dari pihak BRP Indonesia diajak school tour ke berbagai fasilitas sekolah yang dimiliki SMKN 56 Jakarta, disambut dengan prosesi pengalungan bunga bersama dengan tari-tarian adat Betawi dan dilanjutkan dengan sambutan serta penandatanganan surat kerjasama / MOU antara kedua belah pihak.

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Kasie SMK Kelembagaan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bapak Ramli dan Sub Koordinator Hubungan Antar Lembaga SMK Kemenristekdikti, Ibu Tri Haryani, serta perwakilan dari BRP Asia Pasific, yaitu David Baker selaku General Manager BRP Asia Pacific, Danilo Catalucci sebagai Regional Commercial Manager EAPI & Japan, dan Arie Atmadi selaku District Sales Manager EAPI.

1 comment

You may also like

1 comment

M. Bakri Akkas May 14, 2022 - 11:03 am

Syukur Alhamdulillah … Semoga menjadi pintu kolaborasi yang saling bersinergi dan berkesinambungan untuk pembangunan SDM di Indonesia

Reply

Leave a Comment