fbpx

Bolehkah Berkendara PWC / Jetski di Malam Hari?

by BRP Indonesia
342 views
Bisakah Anda Naik Jet Ski di Malam Hari?

Jawaban singkatnya adalah “Tidak”. Anda tidak bisa bermain jet ski di malam hari. Mungkin kita melihat beberapa orang mencoba untuk memodifikasi jet ski mereka dengan beberapa lampu untuk dikendarai di malam hari demi mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Sayangnya, Anda tidak bisa mengendarai jetski di malam hari. Waktu untuk berkendara jetski adalah antara matahari terbit dan terbenam. Sebagian besar negara akan mengatakan bahwa mulai beroperasi dari 30 menit sebelum matahari terbit dan baiknya mematikan jet ski dari air 30 menit sebelum matahari terbenam.

Mengapa Jet Ski Tidak Dapat Dikendarai Pada Malam Hari?

Setiap alat transportasi memiliki bahayanya sendiri dan tidak terkecuali jet ski / personal watercraft (PWC). Bahaya mengemudi di malam hari jauh lebih besar daripada berkendara di siang hari. Mari kita bahas lebih detail untuk membuatnya semakin masuk akal kenapa main jetski malam hari tidak diperkenankan.

– Risiko kecelakaan dan cedera karena visibilitas yang buruk

Mengambil jet ski Anda di malam hari untuk bersenang-senang atau untuk tujuan lain apa pun bisa sangat berisiko. Ada kalanya Anda bisa terhempas oleh ombak dan kecelakaan tak terduga lainnya dan Anda akan menemukan visibilitas hampir mustahil di malam hari. Jet ski sudah sulit dilihat di siang hari dan semakin sulit dilihat di malam hari.

Ini bukan hanya ombak. Anda juga akan jauh lebih tidak terlihat oleh kapal lain dan sebaliknya. Ada juga isyarat lain yang diberikan jet ski di siang hari yang tidak akan Anda lihat di malam hari. Hal lain yang jadi pertimbangan adalah fakta bahwa bahkan pada siang hari orang melakukan hal-hal seru dengan jetski mereka, dan mungkin juga akan melakukannya jika main jetski di malam hari. Namun pada malam hari dapat menjadi jauh lebih buruk dan dapat mempersulit seseorang untuk membantu.

– Perubahan cuaca atau kondisi perairan secara tiba-tiba

Ini adalah salah satu faktor yang mungkin muncul saat mengemudikan jetski Anda di malam hari. Beberapa kondisi alam yang dapat saja terjadi seperti hujan deras yang tiba-tiba, kabut, gelombang tinggi dan badai.

Jika Anda melakukan perjalanan jauh, kabut bisa menjadi masalah. Meskipun hal ini jarang terjadi, membawa beberapa lampu kabut/flasher dapat membantu. Namun bagi rata-rata pemilik jet ski, jangan mengemudi saat berkabut. Life vest / jaket pelampung jetski tidak memiliki reflektor, jadi jika Anda jatuh, tidak ada yang bisa melihat Anda di dalam air. Dan jatuh dari jet ski adalah sesuatu yang lebih sering terjadi daripada di kapal, yang merupakan alasan lain Anda tidak bisa mengendarai jet ski di malam hari.

Hal penting lainnya adalah, jika sudah terperangkat di kondisi cuaca extreme seperti badai ditengah laut. Apa pun yang Anda lakukan, jangan melepas life jacket Anda. Beberapa orang melepas jaket pelampung mereka untuk digunakan sebagai payung, tetapi itu hanya membuat Anda lebih berbahaya. Jika Anda jatuh saat badai yang buruk tanpa jaket pelampung, hampir tidak mungkin untuk melawan ombak, dan Anda bisa saja tenggelam. Selalu kenakan life jacket Anda saat menggunakan jet ski.

Main jetski malam hari

– Kemampuan manuver jet ski yang terbatas

Berkendara PWC / jetski akan banyak mengubah arah. Karena fluktuasi arus, jet ski rentan terhadap perubahan arah yang tiba-tiba. Tidak seperti perahu, jetski bermanuver lebih cepat dan ini dapat menyebabkan hilangnya kendali dan arah sedemikian rupa sehingga dapat bergerak di rute yang tidak Anda inginkan. Jika Anda bukan seorang profesional, Anda akan menemukan pengoperasian berkendara jauh lebih rumit dalam kegelapan.

Bagaimana Jika Saya Terjebak Di Malam Hari Dengan Jetski Saya?

Jika Anda terjebak di jet ski Anda setelah gelap, Anda perlu mencari dermaga terdekat atau mendarat di pesisir yang aman. Jet ski tidak memiliki lampu, tidak ada yang bisa melihat Anda, jadi menepi itu penting.

Jika Anda memiliki keanggotaan penarik perahu, hubungi mereka dan biarkan mereka menarik Anda kembali. Mereka memiliki lampu untuk membawa Anda kembali ke rumah dengan selamat. Anda juga dapat menelepon teman atau anggota keluarga dengan perahu untuk menderek Anda kembali ke rumah.

Drive a jetski after dark

Berita baiknya adalah kebanyakan orang yang menggunakan jetski memiliki smartphone. Dengan smartphone, Anda dapat menelepon seseorang, mencari tempat terdekat untuk berlabuh, atau memberi sinyal untuk meminta bantuan. Beberapa aplikasi SOS mengubah layar ponsel Anda menjadi lampu bantuan. Jangan lupa peluit yang harus ada di jet ski Anda untuk dipergunakan.

Bisakah Memasang Lampu Navigasi Pada Jetski?

Lampu dipasang di jet ski karena berbagai alasan. Ingatlah bahwa lampu pada jet ski dapat membantu keselamatan dan visibilitas di atas air. Ini penting bagi beberapa pemilik jet ski yang mengetahui kerentanan berada di PWC. Pertimbangkan alasan memiliki lampu di jet ski Anda dari daftar berikut.

– Berfungsi Sebagai Lampu Darurat Untuk Jet Ski

Sebagian besar pemilik jet ski akan menyalakan jet ski mereka untuk saat darurat. Memiliki lampu darurat di jet ski Anda dapat memberi Anda ketenangan pikiran untuk berkendara lebih dekat ke matahari terbenam. Jika jet ski Anda kehabisan bensin di air atau mesin rusak, lampu darurat memungkinkan Anda tetap aman saat menunggu penyelamatan meskipun hari mulai gelap. Gunakan lampu darurat agar terlihat oleh perahu lain atau untuk menandai penyelamat.

– Lampu Jet Ski Dapat Digunakan Pada Hari Berkabut

Jika Anda berkendara jet ski di area berkabut, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memasang lampu untuk jet ski Anda. Kabut dapat membatasi jarak pandang hingga kurang dari beberapa ratus meter. Banyak pemilik jet ski tidak ingin pergi keluar pada hari yang berkabut. Namun, jika harus, memiliki lampu akan sangat membantu peluang Anda terlihat oleh perahu lain dalam kabut.

– Lampu Jet Ski Untuk Berkendara di Perairan Gelap

Cara yang kurang umum untuk menggunakan lampu pada jet ski Anda adalah di jalur air yang tidak mendapatkan cukup cahaya. Jika Anda terus-menerus mengendarai jet ski melalui jalan air yang dipenuhi pepohonan lebat dan kanopi semak, Anda mungkin memerlukan lampu untuk membantu Anda melihat lebih baik. Jika sinar matahari tidak sampai ke air, lampu di jet ski dapat membantu Anda mengetahui ke mana Anda akan pergi. Penggunaan lampu jetski di kondisi inidapat membantu keselamatan untuk melihat tongkat atau batu di air dangkal.

Jetski Tim Pencarian dan Penyelamatan

Sea-Doo SAR Diizinkan Berkendara Di Malam Hari

Ada beberapa pengecualian untuk aturan ‘jangan mengemudikan jetski / PWC Anda di malam hari’ dan ini berkaitan dengan PWC khusus untuk tim SAR, seperti Sea-Doo SAR. SAR hanya tersedia untuk tim pencarian dan penyelamatan. Ini adalah mesin khusus penyelamat, dan dilengkapi dengan lampu navigasi untuk berjalan di malam hari dan itu adalah binatang buas. PWC ini juga jauh lebih besar, lebih lambat, dan lebih kokoh dari jet ski biasa namun sangat baik untuk operasi malam hari karena terkadang jet ski diperlukan untuk digunakan di tempat-tempat yang sulit dijangkau dan penyelamatan dapat diperlukan kapan saja. Terkadang jet ski dibutuhkan dalam misi penyelamatan, dan terkadang misi ini terjadi pada malam hari.

Nikmati kehidupan #SeaDooLife antara matahari terbit dan terbenam karena saat matahari terbenam, Anda tidak dapat mengendarai jetski Anda.

0 comment

You may also like

Leave a Comment